FOLLOW ME

Blog Info

Powered by  MyPagerank.Net

PROMOSI BLOG MELALUI SOCIAL NETWORKING

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam mengelola sebuah blog. Menyiapkan postingan, promosi melalui media social networking, berinteraksi dengan pembaca, dan update hal teknis lainnya. Artikel ini khusus membahas Social Networking sebagai sarana promosi blog yang akan mengundang banyak pengunjung. Apalagi tujuan anda blogging adalah untuk mendapatkan penghasilan sampingan, paling tidak untuk menutupi biaya domain dan hosting, promosi ini akan menjaring banyak traffic.


Inilah 9 social networking yang bisa anda manfaatkan :


1. BlogCatalog, punya beberapa cara untuk promosi blog dan artikel anda. Sekali mendaftar dan blog anda masuk dalam direktori mereka, setiap kali anda membuat posting baru akan langsung menyebar ke teman-teman BlogCatalog anda. Postingan tersebut akan terlihat di ‘Dashboard’ teman-teman, sekaligus mengirimkan email pada mereka.


2. StumbleUpon, sewaktu anda mem-‘publish’ artikel atau photo baru gunakanlah StumbleUpon Toolbar pada browser Firefox dengan mengklik button ‘Send To’. Ada juga ‘Group’, bila blog anda membahas mengenai Blogging maka bergabunglah dengan group Blogging maka link anda akan masuk ke dalam ‘Related Link’. Atau masukkan artikel yang berhubungan dengan Blogging ke ‘Discussion Pages’.


3. Facebook, memiliki banyak cara untuk mempromosikan blog anda. Untuk pemula anda dapat membuat ‘Facebook Page’. Di ‘Facebook Page’ ketika anda mengupdate foto, artikel, note dan lain-lain akan otomatis terkirim ke seluruh fans tanpa batas. Selain itu juga bisa mengirim pesan pribadi. Konsep promosi lainnya adalah dengan membangun jaringan blog (sekarang bernama NetworkedBlogs). Jaringan ini membuat komunitas diantara follower blog anda, termasuk ‘Discussion Wall’ dan ‘Updated RSS Feed’. Untuk mempromosikan artikel anda bisa juga dengan mencantumkan link pada status update. Atau dengan join group dan cantumkan link yang berhubungan dengan group pada ‘Discussion Wall’.


4. Twitter, mungkin inilah alat promosi social networking yang paling sederhana. Posting sebuah ’tweet’ sederhana tapi eye-catching dengan 140 karakter berisi link ke artikel terbaru anda. Sebagai contoh, “today’s popular topic is #money, and an always popular topic is #getrich”.


5. My Space, walaupun fiturnya kurang ramah tapi masih tetap memiliki komunitas yang besar. Metode terbaik yang bisa digunakan adalah membuat profil dengan terfokus pada kata kunci dan membuat link ke blog anda diawal pada kolom ‘About Me’. Keuntungannya disini ‘Profile’ juga terindeks oleh Google Search. Plus ketika anda update profile akan terlihat oleh teman-teman. Jadi bila anda memposting blog misalnya, teman anda langsung mengetahuinya dan akan datang memeriksa profil anda, dan jika memiliki widget dengan RSS feed ke situs anda, mereka mungkin melanjutkan kunjungan ke situs anda juga. Anda juga dapat memposting buletin baru yang akan muncul pada ‘Bulletin Board’ teman anda.


6. Plurk, adalah jaringan lain yang mirip dengan Twitter, maksudnya anda hanya bisa berkomunikasi melalui pesan pendek, 140 karakter. Bedanya? Anda juga dapat berbagi video Youtube dan gambar yang akan muncul di plurks anda (bukan hanya link).


7. Digg, memungkinkan anggotanya untuk berbagi situs melalui vote, atau Digging (menggali). Konsep terbaiknya dalam berbagi link di situs ini adalah bukan dengan mendaftarkan diri sendiri, tetapi dengan menempelkan ‘Digg button’ pada setiap artikel dan membiarkan pembaca anda yang mengirimkan artikel anda. Sedikit bertentangan dengan konsep ini, saya biasanya mengirimkan sendiri artikel saya ke Digg. Saya melakukan ini pada awalnya karena ingin memastikan artikel itu berada pada kategori yang tepat sesuai dengan title dan deskripsinya, karena hal tersebut tidak bisa dirubah belakangan. Pembaca lebih cenderung untuk memilih daripada untuk mendaftarkan artikel.


8. Social Networking lainnya, ramainya traffic yang anda dapatkan tergantung dari seberapa aktif dan banyaknya teman anda di situs-situs komunitas tersebut. Jaringan lain yang saya tawarkan juga Mixx & Reddit (keduanya mirip Digg, memungkinkan untuk voting dan menambah rating artikel), Delicious (situs bookmark), dan Technorati. Ada juga BloggerUnited yang akan memposting artikel terbaru anda di homepage mereka setelah anda login.


9. Selain berbagi posting secara langsung melalui jejaring diatas, ada juga banyak grup-grup di Facebook, BlogCatalog, Yahoo Groups, Tweetworks, dan sebagainya yang melakukan pertukaran traffic dan RSS berlangganan. Walaupun saya tidak menyarankan anda promosi, mendaftar, bookmark kemana saja untuk mendapatkan traffic, tapi ada beberapa blogger bagus di group ini dengan artikel yang menarik. Coba pilih salah satu yang benar-benar anda suka, kirim pesan bahwa anda punya Reddit/Digg/Stumbled untuk artikel atau situs mereka dan kirimkan artikel atau link RSS anda untuk pertukaran.


Sebagai tambahan, lakukan promosi atau tambah teman pada weekend. Kalau misalnya pada minggu malam cenderung sepi karena besoknya sudah hari kerja.


Buatlah komunitas yang besar pada setiap social networking yang anda ikuti. Aktiflah, karena dengan begitu nama anda akan mudah dikenali. Buatlah saling menguntungkan diantara jaringan anda. Berilah komentar yang membangun dan menyenangkan untuk teman-teman anda.

FotoWeddingMurah.com
IDHandphone.com

3 comments:

JAAP NS mengatakan...

thanks infonya, jgn lupa juga pilih hosting yang tepat coba referensi saya di atriumhosting.com

Johnson Manurung mengatakan...

informatif sekali artikelnya sahabat, salam

jaya mengatakan...

trimakasih artikelnya mas, sangat membantu,,

Posting Komentar

Komentar positif akan mendapatkan do-follow backlink walau harus melalui moderasi saya, tidak perlu membuat live link.